Slider 01 Slider 02 Slider 03 Slider 04 Slider 05
This is an example of a HTML caption with a link.

Sejarah RS Myria Palembang

      Sejarah perkembangan karya kesehatan RS Myria tidak dapat dilepaskan dari sejarah awal datangnya Suster Fransiskus Charitas di Sumatera Selatan. Kelima suster berangkat dari Roosendaal Belanda pada tanggal 11 Juni 1926 dan tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang tanggal 9 Juli 1926. Kelima suster tersebut adalah Sr. M. Raymunda, Sr. M. Alacoque, Sr. M. Caecilia, Sr. M. Catharina, dan Sr. M. Wihelmina. Dan selanjutnya menempati rumah yang sederhana tepatnya frateran BHK (samping Gereja St. Yoseph Palembang sekarang) sekaligus sebagai langkah awal pelayanan kesehatan di bumi Sriwijaya. Empat puluh lima tahun kemudian, mengingat kebutuhan oleh karena banyaknya orang sakit dan lanjut usia yang kurang mendapatkan perawatan yang memadai diputuskan untuk membangun Balai Pengobatan dan balai kesehatan Ibu dan Anak serta rumah perawatnan untuk yang lanjut usia di jalan Kolonel H. Burlian KM. 7 Untuk itu disusun badan pengurus yang terdiri dari :

Ketua : Pastor Nico. V. Stekelenburg SCJ
Wakil Ketua : dr. Gandawijaya
Bendahara : Muder Leonilla FCh
Sekretaris : Sr. Martha Aburuhan FCh
Anggota : Sr. Pacomia FCh
: Sr. Antoni Senirang FCh
: Bpk. Yusuf

      Dengan selesainya pembangunan pada tanggal 27 Desember 1971 serta SK No. 82/4/1972. Tanggal 03 Februari 1972 maka dibuka secara meriah pada tanggal 24 Februari 1972 oleh Bupati Muba dan Mgr. Jh. Soedant SCJ.

      Pelayanan kesehatan awalnya untuk orang lanjut usia, kemudian dibuka untuk umum. Tenaga awalnya adalah tiga orang Suster yaitu : Sr. Antoni FCh, Sr. Pasedia FCh dan Sr. yohani FCh, serta dibantu dua orang karyawan yaitu : Agnes dan Yulita dan satu orang penjaga malam yaitu Mikael. Pemilihan nama Rumah Sakit Myria oleh Yayasan RS Charitas berasal dari nama Santa Myria (Myriam). Dalam pelayanannya, kami ingin meniru semangatnya. Kesediaan Maria menjadi bunda Yesus dengan segala konsekuensinya (bdk. Luk 1:38) memberi inspirasi kepada kami keluarga RS. Myria yang juga bersedia bekerjasama dengan rahmat Tuhan, agar mampu meningkatkan mutu pelayanan kami.

Back

Photo Gallery

About

Yayasan Rumah Sakit Charitas yang menaungi Rumah Sakit Myria telah menetapkan Visi Rumah Sakit yaitu menjadi Rumah Sakit pilihan masyarakat di Sumatra Selatan dalam Pelayanan Kesehatan.